Elemen yang Selalu Ada dalam Game MOBA

MOBA atau kepanjangan dari Multiplayer Online Battle Arena merupakan genre game yang kompetitif dan banyak disukai gamers dunia. Dota merupakan pelopor utama tentang game MOBA tersebut dan diikuti sebagian judul setelahnya.

Genre satu ini banyak disukai gara-gara kompetitif, penuh mekanisme, dan terhitung wajib kerja serupa tim. Ada sebagian elemen yang selamanya nampak pada game MOBA. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini.

Elemen yang Selalu Ada dalam Game MOBA

1. Sistem Rank atau Tier

Bisa dikatakan, proses tierlist yang dikenal para gamers kala ini berasal dari game MOBA ini. Bahkan, tidak hanya tersedia di MOBA saja, nyaris semua game kompetitif zaman saat ini punyai proses rank atau tier.

Setiap pemain akan memulai dari rank terbawah untuk konsisten naik ke rank paling atas. Ketika menang, pemain akan diberikan poin untuk naik rank dengan top up diamond.

Sebaliknya, kala kalah maka poin terhitung akan turun. Sistem inilah yang memicu setiap pemain game MOBA rajin bermain setiap harinya. Tujuannya untuk membuktikan diri jikalau mereka layak mendapatkan rank tinggi.

2. Pertarungan Dua Tim dengan Jumlah Lima Pemain

Meskipun  tidak selamanya seperti ini, kebanyakan game MOBA terkandung tim dengan lima pemain yang bertarung dalam satu arena melawan lima pemain lainnya.

Setiap pemain punyai perannya masing-masing, mereka wajib bekerja serupa untuk sanggup memenangkan pertandingan.

Pada sebagian mode tertentu, memang memang tersedia terhitung game MOBA yang hanya membutuhkan tiga pemain dalam satu tim. Akan tetapi, pertarungan game MOBA dengan proses 5v5 jauh lebih populer.

3. Menghancurkan Base Lawan

Dalam game MOBA, target dari tiap permainan nyaris selamanya menghancurkan base lawan dan menjaga base tim. Sebelum menghancurkan base, tim wajib menghancurkan tower atau turret terlebih dahulu.

Turret tim terhitung menjadi daerah berlindung gara-gara sanggup membunuh musuh dengan cepat. Selain itu, pada tiap game MOBA terhitung kebanyakan tersedia prajurit minion yang dikendalikan AI. Tujuannya untuk melindungi pemain kala push turret.

4. Terdapat Tiga Jalur atau Lane Berbeda

Peta game MOBA kebanyakan terbagi menjadi tiga jalur. Ketiga jalur tersebut adalah jalur atas, tengah, dan bawah.

Jalur sedang kebanyakan menjadi pusat pertempuran disaat pertandingan mencapai puncak. Selain itu, tiap jalur kebanyakan diisi oleh hero dengan role tertentu.

Pada Mobile Legends misalnya, jalur sedang lebih cocok diisi mage. Sementara untuk Arena of Valor, jalur sedang kebanyakan diisi oleh sosok marksman (archer).

5. Terdapat Hutan yang Diisi Monster dan Objek Netral

Selain tiga jalur utama, dalam peta game MOBA kebanyakan terkandung lokasi hutan yang diisi monster atau creep. Monster tersebut wajib dihabisi pemain supaya mendapatkan gold, buff, atau meningkatkan level.

Pada daerah hutan, kebanyakan terkandung objek netral khusus yang sanggup menambahkan keuntungan bagi tim. Contohnya, tersedia lord dan turttle di Mobile Legends atau dark slayer di Arena of Valor.