Truk Merah China, Menjamur di Tambang Nikel Morowali-Halmahera

Truk merk Jepang mendominasi di jalan-jalan Indonesia, tetapi jikalau berbicara di tambang nikel di Worowali (Sulawesi Tenggara) dan Halmahera (Maluku Utara) yang paling terkenal adalah truk warna merah asal China merk Shacman.

Motor Sights International (MSI), distributor Shacman menyatakan udah menjajakan lebih dari 6.000 truk di Indonesia sejak 2016 yang 95 % penjualannya digunakan di Morowali dan Halmahera.

“Produsen bijih nikel terbesar di dunia ini punyai dua proyek produksi utama, yaitu di Morawali dan Weda Bay (Halmahera).

Mereka menyumbang 95 % dari total kendaraan operasional harian product truk heavy-duty utama Motor Sights, bersama dengan populasi lebih dari 4.000 unit,” ungkap General Manager PT MSI, Mohamad Rosyid Setiadi, di hari pembukaan Energy & Engineering Series 2023 (

Penjualan truk Shacman di Indonesia awalnya dilakukan oleh Indonesia Equipment Center sejak 2016 yang bekerja sama bersama dengan Shaanxi Automobile.

Lantas usaha direkstrurisasi sehingga MSI lahir pada 2022 sebagai distributor sedangkan Indonesia Equipment Center beralih jadi dealer pen Jual Dump Truck.

Indonesia Equipment Center sempat menjajakan lebih dari 5.500 unit truk, sedangkan MSI yang baru berlangsung setahun udah melego lebih kurang 600 unit.

Truk yang digunakan di Morowali dan Halmahera adalah product dump truk X3000 8×4 AMT dan F3000 6×4, keduanya favorit dipakai khususnya di tambang nikel milik mitra utama Motor Sights, yaitu Tsingshan Group.

Tambang nikel di Morowali terkonsentrasi di tempat yang dikelola Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), sedangkan di Halmahera terpusat dikelola Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

Kawasan industri IMIP merupakan hasil kerja sama antara BintangDelapan Group dan Indonesia dan Tsingshan Group, perusahaan terbesar bidang pengolahan nikel terbesar di dunia.

Sementara IWIP adalah perusahaan patungan dari tiga investor asal China, yaitu Tsingshan Group, Huayou Holding Group, dan Zhenshi Holding Group Co., Ltd.

Tsingshan Group merupakan salah satu pemilik IMIP dan IWIP yang bertugas produksi nikel untuk banyak produk, termasuk baterai kendaraan listrik.

“Dengan Shacman ini udah cukup panjang, maka sanggup penetrasi ke IMIP dan IWIP. Mereka kan tidak hanya tambang tetapi kan termasuk pabrik smelter, pengolahan nikel … Jika melihat di sana udah merah, mayoritas merah manfaatkan product kami, bisa saja lebih kurang 80 % (di antara semua merk truk),” ujar Rosyid.

Warna merah yang sama juga Shacman bisa saja bakal beralih lantaran kata Rosydi perusahaan mengidamkan merasa manfaatkan merk sendiri Motor Sights bersama dengan warna ikon biru. MSI menyatakan sedang menguji dua unit dump truck listrik di IMIP dan Rosyid menyatakan ada rencana meluncurkan truk light duty listrik pada 2025.